Mengatasi Backup Database yang Hilang pada Dongle Roket Pulsa

Beberapa waktu lalu CiPulsa membantu melakukan Install ulang SW Roket Pulsa pada server pulsa sesama pengguna SW Roket Pulsa.

Seperti biasanya, CiPulsa menggunakan MySQL dari salah satu aplikasi web server untuk melakukan pemasangan SW Roket Pulsa. Setelah install ulang SW Roket Pulsa selesai, pastinya semua backup data server sebelumnya harus dikembalikan.

Pada saat upload file backup, CiPulsa mengalami kesulitan dalam mengembalikan backup data yang tersimpan di flashdisk yang dijadikan Dongle Roket Pulsa. Kesulitan berupa flasdisk korup atau data pada flashdisk hilang tapi kapasitas ada. Data pada flashdisk tetap tidak tampil meskipun telah dibuatkan file *.bat dengan isi file bertulisan attrib –r –s –h /s /d, umumnya dengan membuat file *.bat ini, maka file yang telah disembunyikan virus akan tampi kembali.

Untuk mempercepat pengembalikan backup database tersebut, CiPulsa menggunakan Software GetDataBack Simple Data Recovery (Versi Gratis), dikarenakan versi gratis, meskipun data file backup yang dibutuhkan telah tampil, file tersebut tidak dapat di copy tetapi isi file dapat dilihat dan di salin, sehingga file backup database baru dapat dibuat dengan cara menyalin isi file backup ke halaman notepad dan simpan hasil salinan tersebut dalam bentuk file *.sql.

Setelah mendapatkan file backup database baru, pastinya kita cukup mengupload melalui fasilitas menu Restore Database yang telah disediakan SW Roket Pulsa.

Demikian sedikit tips dan trik dari kami semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × five =